Blog yang Merubah Dunia

 

smiling-journalist.jpg

Dicari, Blog yang Merubah Dunia.

Disela-sela pekerjaanku, aku mencoba mencuri-curi waktu ku. Menit-menit yang ku curi itu kugunakan untuk kembali melihat-lihat blog ku. Termasuk beberapa blog temanku. Jadi terpikir, untung juga kerja jadi wartawan, kerja di kantor yang memiliki fasilitas internet dengan akses yang lumayan cepat.Heheheh…dasar OGI (meminjam istilah isteriku) alias Ogah Rugi!:)

KU telusuri Blogku yang masih seumur jagung. Tak seberapa jumlah tulisan disana, komentar dari teman pun masih sejumlah bola mata ku yang terus memelototinya.

Kubaca lagi tulisanku yang berjudul Sugesti Sebuah Buku. Sebuah tulisan yang kutulis semasa mahasiswa dulu. Sewaktu aku sedang giat-giatnya mengunjungi suatu gedung di jalan besar Ijen, Malang, Jawa TImur. Perpustakaan Kota Malang.

Kampung ketigaku, begitu aku menyebut kota kelahiran Munir tersebut. Ehm..sebenarnya sih Munir lahir di Batu, bukan di Malang. Tapi, yo wes dibikin simpel ae Batu (Mbatu) bagiku ya Malang. Dan disana pulalah aku meramu tulisan itu.

Betapa nikmatnya menelusuri koleksi-koleksi perpustakaan yang kabarnya mendapat prediket…(entah apa aku lupa). Aku rela berjam-jam disana mencari literatur yang kubutuhkan. –aku merindukan suasana itu…..

Ngomongin soal Sugesti Sebuah Buku tadi, aku jadi terpikir sesuatu. Di situ aku menulis, bahwa banyak buku yang dikaryakan orang-orang besar. Dan buku mereka sebesar namanya pula. Sebut Saja Adolf Hitler dengan Mein Kampf, Darwin dengan Origin The Species, Sayyid Qutb dengan Fi Zhilai Quran (Untuk jelasnya baca aja Sugesti Sebuah Buku Ya!…hehehehe)

Dari buku-buku itu pula lah terlahir perubahan. Dari seseorang terus tersambung dengan yang lainnya, hingga mendunia. Berubahlah dunia.

Lalu yang aku pikirkan tadi apa?

Blog. Samakah sebuah Blog dengan sebuah buku? Menurutku dalam bahasa awamnya, serupa tapi tak sama. Serupa karena berisi tulisan, berbeda karena bentuknya. Tentunya masih banyak daftar persamaan dan perbedaan lainnya.

Yang kupikirkan sebenarnya bukan sama atau tidaknya antara blog dan buku. Tapi, seperti yang kutulis pada Sugesti Sebuah Buku. Lihatlah, mungkin jumlah blog di dunia maya ini tak kalah banyak dengan jumlah buku di dunia kita (lho kok di dunia Kita?) Bahkan, penulisnya pun mungkin lebih banyak penulis blog dari pada penulis buku.

Lalu? Jutaan buku telah terjilid. Jutaan bahkan milyaran manusia yang telah membacanya. Ini bukan soal laris di pasaran atau tidak. Tapi hanya buku yang bernas yang mampu merubah dunia. Karena Bernasnya, ia mampu ‘mendoktrin’ dan mensugesti kita yang membacanya. Atau kalau kita sederhanakan lagi, sebuah tulisan. Ya tulisan pada sebua blog. Karena blog dan buku adalah sebuah tulisan.

Maka, apakah dari sekian banyaknya blog-blog yang ada, sudah ada yang mampu meng-Origin Spesies-kan dunia? Adakah Blog yang telah menjadi Rich Dad Poor Dad? Blog yang memberi inspirasi seperti Chicken Soup for the Soul, atau la Tahzan nya Aidh Al Qarni. Adakah Blog-blog di dunia maya ini yang ‘merubah dunia’?

Mengutip tulisan saya yang ditolak Jawa Pos itu (hehehe) “Seperti embusan angin, kita hanya bisa merasakan hadirnya tanpa bisa melihatnya. Aksiomatis. Demikianlah sebuah buku bekerja. Rangkaian teks sarat ideologi, di dalamnya –perlahan namun pasti– akan berpenetrasi melalui mata pembacanya mengalir menuju otak. Sugestilah yang akhirnya terlahir sebagai buah persetubuhan antara ideologi dan kontempelasi pembacanya.” Adakah Blog-blog didunia maya ini yang ‘merubah dunia’?

4 pemikiran pada “Blog yang Merubah Dunia

  1. Wah..,pernah memimpikan menjadi seorang wartawan juga ternyata ya,?
    Supel, enrejik, Mobilitas tinggi ya gitu deh:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s