Journalism Award dari BPK

Jakarta, Journalism Award tahun ini diberikan kepada enam orang wartawan media dengan kategori pemberitaan dan tiga media dengan kategori editorial, yang diselenggarakan di Auditorium gedung Wira Hadikusumah. Penghargaan ini merupakan apresiasi BPK RI kepada insan media yang telah turut berperan serta dalam menyebarluaskan informasi dan mendukung BPK RI dalam mewujudkan transparansi. Artikel-artikel ini datang dari berbagai media tulis baik daerah maupun pusat di seluruh Indonesia yang dimuat di media-media tersebut selama tahun 2008.
Juri dalam kompetisi ini adalah Ade Armando Satu Comm, Farid Gaban dari Yayasan Pena Indonesia,Tenaga Ahli Kehumasan BPK RI Rahim Jabbar , Plt. Karo Humas B. Dwita Pradana, dan Acep Mulyadi Kabag PLI BPK RI. Penilaian diutamakan pada substansi artikel selain keakurasian dan teknik penulisannya. Banyak artikel yang atraktif dan baik dari sisi teknik penulisannya, namun akurasi dan kandungan substansinya masih kurang. Teknik penulisan merupakan pekerjaan yang telah mereka kuasai dengan sangat baik, namun pemahaman dan kemampuan analisa merupakan hal yang tidak boleh dilupakan dalam menulis sebuah artikel. Data-data yang disajikan haruslah akurat dan berasal dari sumber yang tepat. Pemilihan narasumber pun menjadi salah satu faktor keandalan isi suatu artikel.
Berdasarkan pertimbangan diatas, maka tim juri memutuskan bahwa pemenang Journalism Awards tahun ini adalah sebagai berikut:
Kategori Pemberitaan:
1. Juara I: Suhartono (Harian KOMPAS – Selasa, 29 April 2008)
o Judul artikel: Biaya Perkara: Pangkal “Perang” BPK Vs MA
2. Juara II: Rahmat Wibisono (Harian SOLO POS )
o Judul artikel: Menyoroti LHP BPK 2008 (Bagian I-III):
 Bagian I: Tindak lanjut hasil pemeriksaan diperlukan (Rabu pahing, 10 Desember 2008)
 Bagian II: Impunity tindak pidana korupsi masih berlangsung (Kamis pon, 11 Desember 2008)
 Bagian III: Tindak lanjut audit tak kunjung tuntas (Jumat wage, 12 Desember 2008)
3. Juara III: Nasrul Azwar (Tabloid METRO-Bangka Belitung)
o Materi: Laporan Tabloid METRO Bangka Belitung Edisi XXXII/Tahun I/Minggu I/Mei 2008: Temuan BPK Tentang Posisi Aset Bangka Tengah.
4. Juara Harapan I: Jaini (RADAR SURABAYA)
o Judul Artikel: BPK, Kekuatan Baru Penegakan Hukum di Indonesia (Sabtu, 13 Desember 2008)
5. Juara Harapan II: Prayogo P. Harto (NERACA)
o Judul Artikel: Rehabilitasi BPK (Semoga) Bukan Basa Basi
6. Juara Harapan III: Deddy Rachmawan (Jambi Independent)
o Suka-Duka Auditor BPK ketika Menjalankan Tugas: Sering Digerutui Pegawai Pemda Ketika Minta Data (Jumast, 25 Juli 2008)
Kategori Editorial:
1. Juara I: Koran TEMPO
o Judul Artikel: Repotnya mengaudit Mahkamah Agung(28 April 2008)
2. Juara II: Media Indonesia
o Judul Artikel: Mengikis Ruang Gelap Keuangan Negara(7 Juli 2008)
3. Juara III: Jurnal Nasional
o Judul Artikel: Bersama Membenahi Kualitas Laporan keuangan
Pada kesempatan ini, penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua BPK RI Abdullah Zainie didampingi oleh Sekjen BPK RI Dharma Bhakti. Diharapkan dengan adanya penganugerahan ini dapat meningkatkan hubungan baik antara BPK RI dengan media serta dapat menjadi jembatan untuk membina kerjasama sebagai duta BPK RI dalam menyebarluaskan informasi dan mendukung misi BPK RI.
Selain Journalism Awards, hari ini juga dilaksanakan peluncuran tampilan Website BPK RI yang baru secara resmi diluncurkan oleh Wakil Ketua BPK RI Abdullah Zainie dengan mengetik alamat http://www.bpk.go.id, didampingi oleh Sekjen BPK RI Dharma Bhakti dan Plt. Karo Humas BPK RI B. Dwita Pradana. Dalam acara tersebut wakil ketua BPK RI berkenan untuk mencoba mengakses website ini untuk yang pertama kalinya.
Website BPK RI mulai hari ini memiliki wajah baru yang lebih atraktif dan informatif. Dengan wajah website yang baru ini, BPK RI ingin mencoba membagi informasi dengan lebih komunikatif dan mudah. Kelebihan website BPK RI yang sekarang adalah navigasi yang lebih mudah dan informasi yang lebih lengkap. Website ini dikelola oleh dewan redaksi yang bertanggung jawab untuk selalu mengupdate berita-berita dan informasi baik dari dalam maupun luar. Website ini juga diharapkan dapat menjadi media pelayanan BPK RI dalam hal informasi dan komunikasi dengan berbagai pihak sehingga dapat mendukung lembaga menjadi seperti yang diharapkan oleh semua pihak serta dapat membantu semua pihak untuk lebih mengenal mengenai fungsi BPK RI sebagai pemeriksa pengelolaan keuangan negara.
Langkah ini merupakan bagian dari program Reformasi Birokrasi yang saat ini sedang gencar-gencarnya digalakkan di lingkungan BPK RI untuk mewujudkan transparansi untuk mendukung mewujudkan pemerintahan yang transparan dan bersih. Semoga dengan adanya acara ini, dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap BPK dan dapat menumbuhkan iklim komunikasi yang baik antara berbagai pihak dengan BPK RI.
-lengkapnya, klik http://www.bpk.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s