Dilematis Buka Status

Ini bukan soal status di dinding jejaring sosial Facebook. Buka status, begitu para pegiat Jaringan Orang Terinfeksi HIV Indonesia (JOTHI) mengistilahkan, yakni menerangkan kepada publik bahwa seseorang positif terinfeksi HIV/AIDS.

Publik di sini mulai orang terdekat seperti keluarga dan teman hingga orang lain termasuk tenaga medis. Nah, justru pada tenaga medis itulah mereka kerap menemui sandungan. Alih-alih mendapatkan pelayanan, justru mereka kerap terpinggirkan oleh profesi tersebut.

Masih ingat kasus terputusnya obat antiretroviral (ARP) bagi penderita HIV/AIDS di Rumah Sakit Umum Raden Mataher, Jambi, Agustus lalu? Itu salah satunya. Kasus lain, kata Koordinator JOTHI Jambi Yuli, terjadi pada ibu yang terinfeksi HIV dan hendak melahirkan. “Kalau kami buka status, tidak dilayani,” kata Yuli.

Sepengakuannya, kasus tersebut pernah terjadi di Jambi dan akhirnya si ibu dibawa ke Palembang. Diamini kedua rekannya, Adek dan Arapah, penolakan rumah sakit itu terjadi lantaran fasilitas yang dimiliki kurang safety.

Seharusnya, kata Adek, pasien bisa diminta membeli sendiri. AIDS memang dapat menular melalui pertukaran cairan tubuh. Saat persalinan otomatis, banyak darah yang keluar. Darah itulah yang dikhawatirkan menularkan virus. “Seharusnya kan safety rumah sakit yang dibenahi,” kata Yuli menegaskan.

Menurut Yuli, mereka di Jothi memiliki konselor. Konselor menyarankan agar para penderita HIV/AIDS terbuka kepada publik. Kalau secara pribadi? “Kalau secara pribadi sih maunya buka status. Tapi jika buka status, akibatnya kadang-kadang ada perilaku diskriminatif,” terangnya.

Jothi Jambi kini memiliki 31 anggota dan 190 pendamping. Menurutnya, data Dinas Kesehatan Provinsi Jambi hingga Juni ada 379 orang yang terinfeksi HIV di Provinsi Jambi. 200 orang di antaranya berada di Kota Jambi.(dra)

Satu pemikiran pada “Dilematis Buka Status

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s