Ada Arsenik di Garuda Gayus

Di sebuah Restoran Nasi Padang di Asian Foodcourt Lucky Plaza Singapura, tim satgas mafia hukum bertemu Gayus Tambunan. Gayus, pria kontorversi yang menyandang status PNS golongan IIIa.

Cukup istimewa memang mencari Gayus. Bukan satgas mafia hukum saja yang turun, melainkan gabungan dari penyidik Bareskrim Mabes Polri, Densus 88 Antiteror dan Satgas Antimafia Hukum. Jadi kalau boleh saya menyamakan Gayus dengan Artalita dan teroris. Meskipun, kasus ini bukanlah salah Gayus seorang.

Seingat saya, tim bertemu Gayus pada Selasa malam. Keesokan harinya, Gayus diboyong ke tanah air. Ia naik Garuda. Beruntung Metro TV menyiarkan si GT di dalam pesawat. Saya hanya ingin tahu wajah terbarunya, maklum bosan kalau hanya melihat pasfoto yang selama ini dipajang.

Efek Gayus cukup luar biasa, kabarnya atasan pria yang jadi makelar kasus pajak itu sudah dinonaktifkan. Masyarakat menaruh harapan, melalui Gayus bisa dibongkar mereka yang terlibat.

Saya tulis catatan ini, hampir 24 setelah Gayus menikmati makanan di restoran padang di singapura sana. Tiba-tiba pikiran saya teringat akan suatu peristiwa sekira enam tahun lalu.

“Saya lagi bengong nih. Kok perut saya nggak enak ya? Jangan-jangan, mag saya kambuh.” Pesan singkat itu masuk ke ponsel Suciwati, itri Munir. MUnir mengiriminya pesan itu saat transit di Bandar Udara Changi, Singapura.

Mengutip MBM Tempo, sebelas jam kemudian, tepatnya pada pukul 11.05 WIB (7 September 2004), Munir meninggal dalam penerbangan menuju Amsterdam, Belanda. Saat itu, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-974 yang ditumpangi korban tengah melintas di atas wilayah Hungaria, dan tiga jam lagi sampai di Belanda.

Sempat muncul dugaan, aktivis HAM itu diracun di atas Garuda. Ah….saya tidak yakin kalau Gayus bakal di munirkan dengan arsenik. Uf…tampaknya saya harus menghentikan pikiran liar saya itu. Jadi, mungkin tidak ada arsenik di garuda gayus. Yang pasti, masih ada gayus-gayus lain, dan juga arsenik-arsenik lain, mungkin saja.

Tinggalkan Balasan

