Hasan Tiro, Jusuf Kalla, dan Aceh

Baru saja semalam saya membaca berita bahwa Hasan Tiro sudah melewati masa kritis atas sakit yang dideritanya. Baru tadi malam juga saya tahu ia kembali berstatus sebagai WNI. Tapi siang tadi, duka datang dari tanah rencong. Deklarator GAM itu meninggal dunia. Saya turut berduka dan berdoa, semoga beliau diterima di sisiNya.
Baru sekitar dua hari lalu saya ingin menulis tentang Jusuf Kalla, mantan wapres yang pada pilpres 2009 lalu maju sebagai capres. Tapi, saya belum menemukan angle tulisan.
Hasan Tiro, JK alias Jusuf Kalla, dan Aceh. Ketiganya punya pertalian. Bahwa JK adalah tokoh yang perannya tidak sedikit dalam menciptakan perdamaian di Aceh.
Nah, soal peran JK terhadap perdamaian di Serambi Mekah inilah yang ketika pilpres lalu jadi isu menarik. Tim sukses JK-Wiranto, ketika itu mengklaim Daeng Ucu yang paling berjasa dalam perdamaian itu. Tapi, kubu SBY-Boediono justru menilai pernyataan itu tidak pantas.
Saya hanya ingin membagi cerita. Salah satu bentuk kampanye tim JK-Wiranto di Aceh, adalah dengan membuat buku tentang peran JK terhadap penyelesaian konflik di sana. Saya memiliki foto juga buku yang judulnya menggunakan bahasa Aceh.
Lengkapnya, “Muhammad Jusuf Kalla (JK) Juru Damai Aceh. Meunyue Hana JK, Hana Perdamaian”. Kalimat judul berbahasa Aceh itu, merupakan komentar Sayed Mustafa, mantan Koordinator GAM Wilayah Aceh Barat-Selatan. Kebetulan saya yang mewawancarainya, dan saya pula yang menyusun buku yang sebenarnya cuplikan dari berita-berita yang pernah ada.


Saya menyusun buku itu, ketika saya bertugas di Jakarta. Saya ditugaskan untuk menjadi tim sukses JK-Wiranto di media centernya. Tapi, upaya kampanye pasangan nusantara di Aceh tak seperti yang dibayangkan dan diharapkan. Kalau tidak salah ingat, suara JK-wiranto tidak mencapai 10 persen.
Itulah cerita setahun lalu….
030610

Satu pemikiran pada “Hasan Tiro, Jusuf Kalla, dan Aceh

Tinggalkan Balasan

