Teruslah Bekerja Jangan Berharap pada Negara

Judul itu saya cuplik dari foto Mas Inu dalam tulisannya Republik Gelap di kompasiana. Gambar grafiti di satu sudut kota gudeg yang terekam kamera penulis Pak Beye dan Istananya memuat kalimat tersebut.

Sempat tertegun saya membaca kalimat itu. Pertama, ada dejavu yang hinggap, karena kok rasa-rasanya saya pernah mendapati kalimat yang cukup dalam itu.

Kedua, sungguh mengena nian kalimat itu di tengah karut marutnya beberapa persoalan negeri yang baru merayakan 65 tahun kemerdekaannya. Ia kian menohok ketika sindiran itu disampaikan dalam coretan graffiti, mural di tembok-tembok kota.

Ia seolah-olah menyiratkan bentuk perlawanan. Termasuk kejengahan akan sikap Negara terhadap permasalahan negeri. Tentu kita masih ingat ketika Cecak vs buaya mencuat, aneka mural dan grafiti menghiasi sudut Kota Jakarta. Bentuk protes terhadap praksis penegakan hukum.

Teruslah bekerja, jangan berharap pada Negara! Ketika pemerintah tak dapat menangani pengangguran, kemiskinan dan beragam masalah sosial lainnya, maka patut kita menyampaikan kepada mereka di atas sana, mari bekerja, jangan berharap pada Negara.

Fakir miskin dan anak telantar yang harusnya menjadi tanggung jawab Negara, justru diuber-uber. Penanganan masalah yang hanya hit and run, dan terus berulang. Tak ada solusi mumpuni.

Di saat tiga orang anak negeri menjaga wibawa tanah air, betapa terlambatnya pembelaan penguasa datang. Untuk sekadar menegur negeri jiran yang kerap mengklaim itu saja begitu lambat. Jangan berharap pada Negara.

Tentu kita tak menutup mata akan keberhasilan yang ditorehkan pemimpin negeri ini. Tapi rasa-rasanya, saya sulit mengingat apa saja itu. Utamanya bagi kemakmuran dan kesejateraan negeri (rakyat).

Kiranya, memang perlu dikampanyekan kemandirian rakyat tanpa bergantung pada Negara. Mari bekerja jangan berharap pada Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s