Bercinta di Alam

catatan

8

 

Petualangan dimulai! Tiga tahun menjadi wartawan, selama itu pula aku meninggalkan hobi yang semasa kuliah rutin aku salurkan. Melakukan kegiatan out door di alam. Heking, traking menyusuri hutan, mendaki gunung.
Aku mulai jatuh cinta dengan dunia tersebut saat aku kuliah di Sumatera Barat. Dari sanalah persentuhanku dengan gunung. Mendaki Gunung Singgalang awalnya  dan langsung melanjutkan petualangan ke Gunung Marapi pada hari yang sama. Padahal kebiasaan di sana, pendakian dilakukan pada hari Sabtu. Di akhir pekan itulah pendaki gunung dari berbagai daerah di Sumatera Barat berdatangan. Mereka didominasi mahasiswa, terlebih yang berasal dari luar kampung si Malin.

 
Setelah pengalaman petualangan itu, aku kecanduan. Untuk beberapa lamanya aku menjadi PM. Begitu para pendaki gunung di Sumatera Barat menyebut para pendaki mingguan.
Bagiku gunung selalu saja bisa membangkitkan semangat. Ialah motivator bisu yang berbicara dengan keindahan dan keteguhannya. Keindahan yang ia janjikan, suburnya petak-petak tanah  untuk petani bercaping memberi pesan dalam pada siapa saja yang merenunginya. Gunung seolah berkata bahwa, yang kuat harus  mengayomi si lemah dan papa.Hijaunya mengajarkan bahwa tak ada yang mudah didapatkan di dunia ini melainkan dengan perjuangan.